Kamis, 29 Mei 2008

Tips memilih nama dan alamat blog yang baik

Ketika anda memutuskan untuk membuat sebuah blog tentu anda juga harus memutuskan materi apa yang akan anda isi didalamnya karena materi atau yang biasa disebut content akan menjadi senjata penarik bagi pengunjung blog anda.

Selain dari content hal lain yang perlu diperhatikan adalah penamaan. Kenapa nama dan alamat blog anda menjadi sangat penting adalah karena nama adalah pembuka jalan bagi blog anda untuk dikenal luas misalkan tema blog anda tentang money blogging atau dunia adsense di indonesia tapi nama blog anda “rumah idaman” tentu orang akan menjadi bingung saat memasuki blog anda namun bila anda memberi nama blog anda “cari uang” atau “adsense indonesia” orang tentu tidak akan ragu untuk menjelajahi blog anda.

Berikut ini beberapa tips yang patut dipertimbangkan saat anda memilih nama atau alamat untuk blog anda tersayang :

  1. Pilih nama yang mengandung keyword

Menggunakan nama yang mengandung keyword penting bagi isi blog anda adalah suatu tindakan yang sangat pintar karena search engine akan menilai adanya relevansi antara judul dan isi materi.

  1. Pilih nama yang mudah diingat dan diucapkan

Nama blog yang susah diingat dan diucapkan akan membuat pengunjung anda berpikir keras untuk kembali berkunjung ke blog anda, bagaimana mau berkunjung kalau namanya aja ga ingat, ya kan .

  1. Singkat tetapi padat

Ini nih singkat tetapi padat. Walaupun nama domain diperbolehkan sampai 163 karakter tetapi makin singkat makin baik dan yang disarankan ahli SEO adalah tidak lebih dari 60 karakter.

  1. Hindari menggunakan prefix atau suffix

Kata – kata seperti expres, service, cendol, cincau akan lebih baik dari pada express, services, cendols, atau cincaus karena akhiran s atau es sering membuat orang salah ketik, ujung – ujungnya malah nyasar ke blog orang lain.

  1. Jangan memaksakan suatu nama

Ga usah terlalu ngotot untuk memakai suatu nama tertentu misalnya anda ingin menggunakan nama cariuangtambahan.blogspot.com tapi karena nama tersebut dah saya pake maka anda mengubahnya jadi cari-uang-tambahan.blogspot.com, nama – nama seperti itu cenderung dianggap sebagai spam oleh search engine.

  1. dot.com, dot.net, dot.org
Bagaimanapun juga nama domain dengan akhiran .com, .net atau .org masih dipandang lebih bergengsi dan kebanyakan orang mulai mencari nama dengan menggunakan .com terlebih dahulu baru kemudian .net, .org dst.

satu hal yang perlu diketahui adalah domain dfengan akhiran tersebut harus diregistrasikan dahulu dengan biaya antara Rp. 80.000 s-d Rp. 200.000,- per tahun

4 komentar:

  1. Thanks infonya... Minta bahas adspeedy n indofad dong,,,,

    BalasHapus
  2. makasih infonya.. aku jadi pengen buat blog baru nih.. http://noordianto.blogspot.com/2009/12/cara-mendapat-100-dollar-dari-facebook.html

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus